Tuesday, November 04, 2008

Akuntansi....?!

Suatu hari tiga orang sahabat (2 perempuan dan 1 laki-laki), memutuskan untuk menginap di satu Motel...mereka sharing kamar...biar murah...!! mereka menginap cuma satu malam saja, karena keesokkan harinya harus lanjut ke Wonosobo...oh iya ini Motelnya di Magelang....
Setelah semuanya beres mereka panggil room-boy, utk mberesin segalanya termasuk pembayarannya...mereka bayar Rp. 75,000,- (dan dibagi bertiga, jadi masing-masing mengeluarkan Rp. 25,000,-)...karena bayarnya cash, oleh manajer Motel mereka diberi diskon 30 % (Rp. 25,000,-)...setelah room-boynya mengembalikan uang diskon, mereka memberikannya ke room-boy sbg tip, sebesar Rp. 10,000,- dan yg Rp. 15,000,- dibagi bertiga, jadi masing-masing mendapat pengembalian Rp. 5,000,-...
Masalah dimulai disini, si laki-laki bertanya: 'kita tadi masing-masing setor Rp. 25,000,- dan kemudian dikembalikan lagi Rp. 5,000- benarkan ?? 'benar' jawab para perempuan....jadi 'kita masing-masing bayar Rp. 20,000,- benarkan ??' lanjut si laki-laki...'benar' para perempuan menjawab...terus siapa yg mengkorupsi yg Rp. 5,000,- ...??? kata si laki-laki.... 'kalau masing-masing dari kita bayar Rp. 20,000,- berarti totalnya Rp. 60,000,- dan yg kita berikan ke room-boy Rp. 10,000,- jadi totalnya Rp. 70,000,- ...padahal kita tadi mengeluarkan Rp. 75,000,- terus kemana dong uang yang Rp. 5,000,- ??? siapa yg mengkorupsinya ???' tanya si laki-laki.
Hayoo...siapa yg korupsi Rp. 5,000,- ??? yang jelas bukan aku...!!! karena aku nggak ikut nginep sama mereka...!!!

7 comments:

Erik said...

Ada yang salah hitung, si manager bilang diskon 30%, tapi kok dibalikin Rp 25.000.

Kalau 25 ribu berarti diskonnya 33,33%

Salah si cashier tuh.. :)

Sekar Lawu said...

wah Pak Erik kiii pinter tenan yak....

tapi aku tadi sama room boy nya dibagehi 5ribu...jadi bukan aku yang korup, wong aku nggak mintak tapi dikasih...aku nggak mau tapi dipeksa...

Elys Welt said...

korupsi lima ribu kalau berkali2 jadi banyak dong

goresan pena said...

bukan saya pak...beneran deh, bukan saya....
saya juga gak di motel bareng mereka kok..

goenoeng said...

pertanyaannya kliru, ya...jawabannya ndak ada. ya to ?
75 rebu * 30 prosen = 22.5 rebu to pak.
kalo ada uang yg hilang, paling buat beli alat hehehe.....gak tegel aku nulisnya :D

*sssttt...alat pengusir nyamuk...*

Jenny Oetomo said...

Memang kalau mengkali, menambah dan mengurang orang kita jagonya tapi giliran membagi susah deh he he he

mommy adit said...

hihihihi.. lucu nih postingan... *ngakak gak berenti2* (krn pelajaran akuntansi nya D, jd emang nggak mudeng dimana salahnya)