Wednesday, October 29, 2008

Sampahku

...tadi pagi, waktu berangkat kerja, aku beriringan dg mobil pengangkut sampah. Karena jalanan sdh padat, jadi nggak bisa mendahului...bau sampahnya tercium sepanjang jalan...kebayangkan bau sampah ?? ...sampah campuran lagi..!!!
Bau sampah tadi membawaku kesebuah perenungan...kenapa Bapak-bapak itu (crew mobil pengangkut sampah) harus membuang sampahku...kenapa mereka ??? .... kenapa bukan aku sendiri yg mberesin sampah-sampah itu...?? itu kan sampahku, kenapa orang lain yg harus bertanggung jawab ??? Ngurusin sampah, mulai dari menghasilkan, memilah dan membuangnya/ mengolahnya/ melenyapkannya (catatan: membuang/mengolah/melenyapkan sampah, jangan memakai lahan orang lain lho... harus dilahan milik sendiri) itu kan tanggung jawab/ kewajibanku ??
Apa kata dunia ....????

7 comments:

Erik said...

Iya... mestinya tanggung jawab kta ..

Tapi ada manfaatnya juga lho.
Menciptakan lapangan kerja. Terus para tukang sampah juga dapet penghasilan tambahan dari menyortir sampah, barang yg bisa di daur ulang.

eeda said...

harusnya sih emang gitu. Tp jujur aja, aku sendiri belum bisa melakukan itu 100 %. Ga gampang ternyata.

astrid savitri said...

karena memang ada keterbatasan utk melakukannya sendirian, makanya kita share tugas..sebab banyak pekerjaan yg memang memerlukan sistem :)

goresan pena said...

pak, sampah juga ternyata mahal pak...
sampah, bagi bapak atau saya mungkin hanyalah berupa sampah...
tapi bagi mereka, sampah ialah rupiah.

hehe, bukannya negeri kita juga rebutan sampah dengan Cina? sampah plastik kita diborong cina sementara kita akan mengimpor sampah dari inggris...nah loh...

Djoko Wahjuadi said...

to sahabat yg sdh beri komentar:
wah...kayaknya seru kalau alat tukar menukar jangan pakai uang...kita ganti pakai sampah saja...makin busuk sampahnya makin tinggi nilainya...jadi tak akan ada sampah yang dibuang oleh pemiliknya...?!

Sekar Lawu said...

yen kabeh jadi tukang sampah, lha sing mulang muridmu sapa Mas...?

Djoko Wahjuadi said...

to ayik:
...ha..ha..ha...iyo yo mbak...sopo sing mulang ?? yo wis aku ora sido dadi tukang sampah wae....